Minggu, 07 April 2013

Contoh Kasus Perencanaan Pemasaran : Bank BCA

BCA : Gebrakan dengan program tahapan



Di jalan kita sering melihat berbagai billboard yang mempromosikan tabungan-tabungan berhadiah dari berbagai bank. Produk tabungan berhadiah memang populer dan sering kita temui aneka promosinya di berbagai media. Namun, tahukah anda bahwa semua itu dipicu oleh program dari BCA yang dinamakan tahapan (Tabungan Hari Depan) BCA. 

Program ini merupakan buah pemikiran Mochtar Riady saat menjadi Direktur Utama BCA. Idenya sebenarnya cukup sederhana, yaitu bagaimana agar BCA dapat menarik dana masyarakat dalam skala besar. Uang yang tadinya disimpah dibawah bantal dimasukkan ke rekening bank. Tahapan BCA merupakan produk terobosan yang cukup berani. Saat itu hampir semua bank masih berlomba menarik dana masyarakat lewat deposito. Tabungan pada saat itu tidak diperhatikan karena dana yang terkumpul duanggap hanya sedikit. Namun, Tahapan BCA membuktikan bahwa anggapan itu salah. 


Sebagai gambaran, ketika diluncurkan nasabah BCA berjumlah sekitar 500ribu orang dengan dana yang terkumpul sekitar Rp 500 milliar. Hanya dalam waktu kurang dari setahun, BCA sanggup meraup dana hingga mencapai Rp 1 Triliun. Pada tahun 2005 dana kelolaan ini melonjak hingga mencapai Rp 60 triliun dengan jumlah nasabah lebih dari 6 juta orang. Selama 16 tahun BCA telah memberikan hadiah bagi lebih dari 100 ribu nasabah.

Program tabungan ini berhasil mengalahkan program tabungan yang ketika itu sedang populer yaitu Tabanas. Di awal kemunculannya, Tahapan BCA langsung menawarkan hadiah sebesar Rp 500 juta, angka yang cukup besar pada waktu itu. Pada saat itu pemberian hadiah bukanlah hal yang baru namun telah kama berlangsung di industri consumer goods Indonesia. 

Kebijakan ini juga berangkat dari kenyataan bahwa ketika itu secara umum tingkat kesejahteraan masyarakan Indonesia relatif masih rendah sehingga berharap mereka mendapatkan “penerimaan tak terduga” untuk memenuhi kebutuhan sekunder atau tersier. Karena itu, produk-produk yang menawarkan hadiah besar mendapatkan tanggapan yang cukup bagus. 

Dalam praktiknya, Tahapan BCA bergerak lebih jauh daripada praktik yang sebelumnya biasa dilakukan dalam industri consumer goods. BCA tidak hanya menawarkan hadiah besar yang bersifat sementara, tapi juga hadiah tetao yang diberikan secara rutin. Tentu saja ini menguntungkan nasabah karena mereka memiliki peluang lebih besar untuk mendapatakn hadiah. Karena itu semakin banyak yang ingin menjadi nasabah Tahapan BCA.

Selain sebagai instrumen untuk mendapatkan keuntungan yang besar, Tahapan BCA juga digunakan sebagai alat pemasaran yang terbukti efektif untuk mendapatkan dan mempertahankan nasabah. Pada perkembangannya banyak bank lain membuat program serupa yang menawarkan hadiah-hadiah menarik untuk konsumen. Namun karena merupakan produk pertama di industri ini dan didukung oleh kampanye pemasaran yang gencar, Tahapan BCA praktis tidak tertandingi. 

Perkembangan berikutnya BCA juga berhasil menerapkan teknologi informasi yang bagus dan berkualitas dalam tiap layanannya, hal yang membuat bank ini selalu dicari oleh nasabahnya untuk transaksi yang cepat dan mudah.Kalau sudah punya tabungan yang banyak untuk meningkatkan penampilan kamu juga bisa memiliki Jam Tangan Chrono yang mewah ini

Baca juga artikel lainnya : 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar